Monday, December 3

Perilaku berkendara

Jalanan sehari-hari di Jakarta enggak bikin gw mumet, sama sekali. Kenapa? Yaah secara logis ajah, kredit untuk motor sekarang ini mudah banget, kantor jasa finance kendaraan roda dua udah macem-macem dan cabangnya dimana-mana. Terus juga pemasaran dan iklan untuk motor jenis bebek semakin variatif diberbagai media. Coba nonton tv, setiap jeda iklan pasti ada aja iklan motor nya (sama iklan kartu handpone dan iklan kopi, bongkar bongkar bongkar). 

Buat gw enggak level aja deh ya kalau ngehina motor jenis apa yang paling murahan, alay, norak, dan kampungan. Itu semua kembali ke penghasilan dan rezeki masing-masing pemilik motor. Dirumah gw ada motor juga; yang keperluannya mulai dari nganterin nyokap ke pasar tradisional sampai jemput gebetan, jadi gw ngerasain semuanya. Dari SMA gw punya sahabat yang motornya rakitan sendiri, sampe akhirnya sekarang dia mampu beli motor beneran. So, for me it's narrow down to the attitude of bikers on the road.

Fenomena anak-anak alay.. yaah, namanya juga anak-anak bro, ntar kalau udah celaka juga kapok sendiri mereka. That's how I learned to be careful. Kalau geng motor nah baru tuh kurang ajar, sulit dibedainnya sama ormas-ormas yang lagi kampanye, atau suporter sepak bola yang yel-yel dengan lagu kadang juga cacian, mendadak aja rusuh terus berantakin fasilitas Ibukota.. (pengalaman ngendarain mobil plat B di kota Bandung, pas Persib kalah!) Nanti giliran Pemda mau benerin fasilitas yang dirusak itu dicurigain ada uang yang masuk kantong pribadi.. Hadeuh..

Gw emang enggak usah pusing-pusing kok. Klo gw nemunin pengendara yang kampungan biasanya kalau bisa gw coba ambil jalur lain, maklum bawaan hati pengen keplak kepala orang-orang ini, saking ngeselinnya. Buat gw pengendara motor yang tidak sopan dijalanan itu ciri-ciri diantaranya begini:

1. Bapak-bapak
2. Jaket kulit tua, atau tidak memakai jaket sama sekali.
3. Umur antara 30 - 45 tahun
4. Kulit gelap, sawo matang
5. Kumisan
6. Enggak mau kalah, pas jalanan lagi penuh, ada kesempatan nyalip dikit langsung gas kenceng dan ngepot kanan/kiri sambil pelototin mata pengendara dibelakang yang tinggal lurus aja.
7. Sambil ngerokok
8. Boncengin ibu-ibu yang lebih gendut, jilbaban biasanya
9. Naik motor keluaran tahun '90an
10. Bunyi kenalpotnya yang nyaring
11. Enggak sabaran. Udah tahu lampu masih merah tapi klakson motor yang berhenti di depannya, maksudnya biar motor didepannya minggir, jadi dia bisa nyerobot. Atau lampu lalulintas baru berubah warna jadi hijau beberapa detik gitu, bunyiin klaksonnya udah spartan, padahal dia masih 20 meter jauhnya dari lampu.

Iya beberapa dari mereka itu profesinya Ojek, tapi juga banyak kok Ojek yang masih ngerti sopan santun di jalan meskipun mereka dituntut untuk berpacu dengan kebutuhan si penumpang. Dan sekali lagi gw enggak menghina jenis motor apaan, itu gw cuman nyebut ciri yaah. Juga soal ibu-ibu yang gendut itu, nyokap gw juga lumayan berisi kok.

Tips simpel yang gw terapin kalau keluar ke jalan di Jakarta cuman ini aja: ketika keluar berdoa dulu agar terhindar dari bahaya dan celaka, berangkat lebih awal, lebih santai, nyalip dan kenceng seperlunya sesuai kondisi jalan, patuhin aturan lalu lintas itu melatih kesabaran diri juga ngelatih batin untuk mengkasihani saudara kita yang blo'on dan enggak sayang sama nyawanya.

---
Kemarin sore, gw mau jemput nyokap di rumah temennya. Cuaca mau turun hujan, langit mendung. Gw bawa mobil dong karena udah gerimis dan juga ada temen nyokap minta dianterin pulang. Luar jalan gang rumah gw pertigaan, mobil gw dijalur sebelah kiri mau belok ke kanan. Kiri gw kosong, tapi ada motor yang maju dari sebelah kanan jalan itu tapi masih jauh. Gw belokin setir dan mobil santai yaa. Mendadak si motor dari kanan itu nyelip ngebut didepan gw, dan si pengendara motor, bapak itu melototin gw gitu. Gw tau udah mendung dan gerimis, tapi si bapak itu gw lihat dari spion malah makin ngebut setelah melototin gw itu.

No comments:

Post a Comment